mengapa harus berdoa?

Setiap hari kita selalu berdoa, memohon agar apa yang kita inginkan dapat menjadi kenyataan. Berdoa juga merupakan ungkapan rasa syukur kepada Alloh swt dan mengakui bahwa kita selalu butuh Alloh.

Perlu diketahui bahwa berdoa merupakan tuntunan agama. Al Qur’an secara tegas menyatakan,”Katakanlah (wahai Muhammad),”Tuhanku tidak mengindahkanmu, seandainya kamu tidak berdoa (beribadah), dan karena kamu mendustakanNYa, maka pastilah kelak(siksa Kami) akan menimpamu.”(QS Al Furqan:77).

Ayat ini memang ditujukan kepada kaum musyrik, namun kaum Muslim juga harus dapat memetik pelajaran.

Dan Tuhanmu berfirman,”Berdoalah kepadaKu, niscaya Kuperkenankan bagimu.Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”(QS Al Mu’min:60).

Karena itu jangan malu atau ragu bahkan enggan berdoa kepada Allah. Sungguh baik dan pemurahnya Allah terhadap hamba-hambanya. Ada riwayat dari Abu Dawud dan At Tirmidzi dari sahabat nabi Salman al Farisij.
Allah malu untuk tidak mengabulkan permintaan hambaNya yang mengangkat kedua tangannya dengan tulus.”

Subhanallah…Allah begitu Maha Pemurah hingga pasti akan dikabulkan doa setiap hambaNya yang berdoa. Entah nanti doa kita dikabulakn langsung hari ini, lusa, minggu depan, bulan depan, tahun depan, atau bahkan akan dikabulkan di akhirat yang jelas akan dikabulkan selama hambaNya meminta kebaikan dengan hati yang tulus dan ikhlas hanya karena Allah.
Islam secara tegas mengajarkan bahwa segala hasil yang diraih oleh manusia adalah sesuai dengan usaha dan jerih payahnya. Manusia yang selalu berusaha (bekerja) dengan sungguh-sunguh karena Allah SWT pasti akan menuai hasil usahanya itu. “Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, kamu pasti akan menemuinya,” (QS al-Insyiqaq [84]: 6).

dari ayat tersebut dapat dilihat bahwa Doa menjadi bagian penting dalam setiap usaha manusia. Berdoa berarti mengetahui bahwa Allahlah yang menentukan segala usahanya. Doa bisa diartikan sebagai satu permohonan dan pujian dalam bentuk ucapan dari hamba yang rendah kedudukannya pada Rabb Yang Mahatinggi. Orang yang tidak mau berdoa kepada Allah bisa dikatakan orang yang takabur (sombong) karena tidak menempatkan Allah sebagai penentu segalanya

Sejatinya, tujuan berdoa adalah meningkatkan kedekatan diri kepada Allah SWT sekaligus untuk memperbaiki diri. Ibn Atha’illah dalam kitabnya Al-Hikam menjelaskan, “Bagaimana engkau menginginkan sesuatu yang luar biasa, padahal engkau sendiri tak mengubah dirimu dari kebiasaanmu? Kita banyak meminta dan berharap pada Allah, tetapi sibuknya meminta kadang membuat kita tak sempat menilai diri sendiri. Padahal, kalau kita meminta (doa) sembari berusaha untuk mengubah diri (ikhtiar), Allah akan memberikan apa yang kita minta karena doa itu hakikatnya adalah pengiring agar kita bisa mengubah diri kita.”

Manfaat doa begitu besar dalam kehidupan manusia. Dengan doa, kedamaian dapat diraih, semangat hidup dapat ditingkatkan, dan emosi dapat dikendalikan. Dengan doa, ada harapan yang terbentang. Doa juga menjadi penyejuk pada saat menghadapi musibah. Doa adalah tempat kembalinya manusia setelah seharian melakukan usaha (ikhtiar).

Walaupun tak terlihat hasilnya, doa harus terus dipanjatkan karena di balik doa tersimpan rahasia Allah yang amat mengagumkan. Semoga kita termasuk hamba-Nya yang benar-benar senantiasa merasa butuh kepada Allah Swt. sehingga senang dan bersungguh-sungguh berdoa hanya kepada-Nya.

SKI PGSD/PGPAUD UNS

SKI PGSD/PG PAUD merupakan sebuah organisasi tingkat wilayah yang bergerak dalam kegiatan keislaman. Bertempat di kampus IV Kleco, Surakarta. Memiliki pertanggungjawaban kepada SKI FKIP yang bertempat di Kampus Pusat Kentingan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com