Menahan pandangan

Mata adalah jendela hati. Ia adalah pintu gerbang segala sesuatu yang baik dan yang buruk. Karena itulah Rasulullah sangat mewanti-wanti umatnya agar selalu menjaga mata dari hal-hal yang diharamkan, karena kelak semuanya akan dimintai pertanggungjawaban.

Menahan pandangan adalah puncak keindahan pekerti, penjagaan hati, diri, dan kehormatan. Menahan pandangan adalah penangkal aneka bahaya dan penyakit jiwa, dan sikap malu yang diridhai alloh.  Apa saja keutamaan menjaga pandangan? Berikut beberapa penjelasannya:

1. Jalan Untuk Menjaga Hati

Menundukkan pandangan adalah jalan untuk menjaga hati, karena hati awalnya bebas dari penyakit, tapi panca indra mengotorinya dengan masukan-masukan yang diterimanya.

2. Menutup Pintu Fitnah

Alloh menjadikan mata sebagai cermin hati. Maka jika seseorang menundukkan pandangannya, niscaya hatinya akan menundukkan syahwat dan nafsunya. Barang siapa yang menjaga empat hal ini, niscaya ia akan menjaga agamanya, yaitu pandangan mata, bisikan hati, ucapan lidah, dan langkah kakinya.

3. Membebaskan Hati Dari Penyesalan

Perbuatan yang paling berbahaya bagi hati adalah membebaskan pandangan mata. Karena mata memperlihatkan kepada hati apa yang tidak dapat ia raih dan tidak dapat ia tahan. Hal itu adalah kepedihan yang besar. Sementara dengan menundukkan pandangan akan menhindarkan dari kepedihan dan penyesalan seperti ini.

4. Membukakan Jalan Ilmu-Ilmu Pengetahuan

Orang yang menjaga pandangannya hatinya akan bercahaya dan timbullah hakikat-hakikat ilmu pengetahuan. Sementara orang yang membebaskan pandangan matanya akan hatinya akan keruh dan menggelap. Sehingga, tertutuplah baginya pintu ilmu pengetahuan.

5. Mewariskan Ketetapan Firasat Dan Cahaya Hati

Karena hal ini berasal dari cahaya,dan buah buah cahaya itu. Maka jika hati seseorang telah bercahaya, maka tepat pulalah firasatnya.

6. Siapa Yang Menundukkan Pandangannya Dari Yang Haram, Niscaya Alloh Akan menggantikannya Dengan Cahaya Hati

Karena ia menundukan pandangannya untuk menuruti Alloh, Alloh membalasnya dengan membukakan cahaya hatinya.

7. Mewariskan Kekuatan, Keteguhan Dan Keberanian Dalam Hati

Alloh akan memberikannya kekuatan bashirah (mata hati) dan kekuatan hujjah. Dalam sebuah atsar dikatakan bahwa orang yang tidak menuruti hawa nafsunya, maka setan akan takut terhadap bayangannya.

8. Mewariskan Kebahagiaan Dan Kegembiraan Yang Lebih Besar Ke Dalam Hati

Dibandingkan Dengan Kenikmatan Melihat

Hal ini sebagai balasan karena ia telah berusaha untuk mengalahkan musuhnya, menahan syahwatnya, dan menundukannya atas dirinya.

9. Membebaskan Hati Dari Tawanan Syahwat, Hawa Nafsu, Dan Kelalaian

Orang yang menahan pandangan matanya tidak akan lalai dari mengingat Alloh dan akhirat. Sehingga, ia tidak jatuh dalam mabuk cinta dan hawa nafsu.

10. Menutup Satu Pintu Neraka Dari Pelakunya

Diambil dari buku menahan pandangan menjaga hati

 

SKI PGSD/PGPAUD UNS

SKI PGSD/PG PAUD merupakan sebuah organisasi tingkat wilayah yang bergerak dalam kegiatan keislaman. Bertempat di kampus IV Kleco, Surakarta. Memiliki pertanggungjawaban kepada SKI FKIP yang bertempat di Kampus Pusat Kentingan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com