Jangan Tunda Hari Esok !

take-action-now-kompasislam

Menunda adalah hal yang sangat mudah, tapi dampaknya itu lho, luar biasa ! Apalagi yang doyan menunda sholat. Bagi teman-teman semua para ahli “menunda”, semoga bisa menjadi referensi untuk muhasabah diri. :)

Dari Ibnu Umar, ia berkata [yang artinya]:
Rasulullah Shallallahu ‘alihi wa sallam memegang kedua pundakku seraya bersabda: “Jadilah engkau di dunia ini keakan-akan orang asing atau pengembara.” Ibnu Umar berkata: “Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu pagi hari, & jika kamu berada di pagi hari jangan tunggu sore hari, gunakanlah waktu sehatmu untuk (persiapan saat) sakitmu & kehidupanmu untuk (persiapan setelah) kematianmu.”
[HR. Al-Bukhari no. 6416]

Hadits yangg mulia ini memberikan pelajaran berharga agar setiap Muslim ZUHUD terhadap dunia & tidak mengutamakan hasrat/kecintaannya kepada kenikmatan dunia. Karena meskipun ia panjang umurnya pasti tetap akan berpisah juga. Dunia BUKAN tempat yang ABADI, Meskipun kita kadang merasa senang, bahagia, sehat dan ceria, ketika datang kesedihan, kesengsaraan, sakit hingga KEMATIAN maka sirna semuanya.

Oleh karena itu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menggambarkan orang yang hidup di dunia hendaklah seperti orang asing atau pengembara, karena keduanya tidak akan mungkin menjadikan suatu tempat sebagai tempat menetap, akan tetapi pasti ia akan berlalu.

Di antara faedah hadits di atas:

1. Hendaklah, seorang Muslim tidak menjadikan dunia sebagai tujuan hidupnya untuk selama-lamanya, sehingga ia lebih sibuk untuk dunianya dibandingkan untuk akheratnya.

2. Hendaklah seorang Muslim bersegera untuk melakukan amalan yang akan dikerjakan dan tidak menunda-nundanya hingga waktunya berlalu. Karena kesempatan untuk beramal belum tentu akan datang kembali.

3. Hendaklah seorang Muslim memanfaatkan masa sehatnya sebelum tiba masa sakitnya. Ketika seseorang sakit, akan banyak amalan yang tidak bisa ia kerjakan sebagaimana ketika ia sehat. Hingga ia berangan-angan kalau nanti sembuh dan sehat akan mengerjakan amal sholih ini dan itu. Padahal ia tidak tau kapan malaikat maut menjemput.

4. Hendaklah seorang Muslim memanfaatkan masa hidupnya untuk mempersiapkan bekal setelah kematiannya. Ingatlah KESEMPATAN kita beramal hanyalah di dunia, sementara di akherat tidak ada amal, YANG ADA hanya hisab. Dimana setiap manusia akan mendapatkan balasan dari setiap amalan yang dia kerjakan.

Semoga Allah memberikan keberkahan pada umur kita, memberikan hidayah dan taufiqNya sehingga kita mudah dan ringan dalam mengerjakan perintahNya dan menjauhi laranganNya.
Semoga Allah menyelamatkan dan menjauhkan kita dari fitnah dunia sehingga kita tidak tertipu dan terperdaya dengan kenikmatannya yang fana.

Sumber :

http://www.kompasislam.com/2014/03/17/jangan-tunggu-hari-esok-2/

SKI PGSD/PGPAUD UNS

SKI PGSD/PG PAUD merupakan sebuah organisasi tingkat wilayah yang bergerak dalam kegiatan keislaman. Bertempat di kampus IV Kleco, Surakarta. Memiliki pertanggungjawaban kepada SKI FKIP yang bertempat di Kampus Pusat Kentingan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com