Kucing, Hewan Unik Dengan Kemampuan Pengelihatan Luar Biasa

kucing-imut-lucu-300x224

“Dia–lah Allah yang menciptakan, yang mengadakan, yang membentuk rupa, Dia memiliki nama–nama yang indah, apa yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada–Nya. Dan Dialah yang Maha perkasa lagi Maha bijaksana,” ( QS. Al–Hasyr: 24)

KUCING yang biasa kita lihat di jalanan, di gang-gang dan yang di piara di rumah ternyata memiliki keunikan yang kita sendiri tidak sendiri tidak menyadarinya, yang jelas sebuah bukti kesempurnaan Allah dalam penciptaan melalui kucing.

Kucing yang Allah ciptakan dan memiliki keunikan salah satunya terlihat dari matanya.

Mata kucing di ciptakan dengan karakteristik luar biasa seperti makhluk lainnya. Ketika struktur dan karakteristik mata di uji secara individual, maka akan di lihat fungsi yang berbeda dan ini merupakan bukti dari beragamnya hasil penciptaan Allah. Variasi ini tidak dapat di katakana sebagai hasil dari mutasi ataupun seleksi alam. Allah telah memberikan mata yang sesuai dengan kebutuhan hidup dan nutrisi makhluknya.

Kucing di ciptakan dalam bentuk yang ideal sesuai dengan lingkungan mereka, mereka perlu bernafas, makan, berburu dan mempertahankan diri agar tetap hidup. Oleh karena itu, mereka harus mengenal dunia mereka, dan membedakan antara musuh dan mangsa mereka. Dengan demikian, mereka memerlukan penglihatan khusus untuk melihat lingkungan mereka. Bagaimanapun, Allah yang Mahakuasa, Tuhan dari semua dunia, telah memberikan karakteristik yang mengagumkan seperti mata yang memiliki struktur khusus, bentuk dan ketajaman penglihatan untuk kucing. Penciptaan mata yang memiliki kekhususan bagi kucing merupakan pelajaran bagi orang – orang yang beriman sebagaimana di sebutkan di dalam Al–Qur’an.

“Dan disana terdapat pelajaran bagimu…” ( QS. Al–Mu’miniin: 21)

Karakteristik mata kucing berfungsi sesuai dengan hukum yang di tetapkan Allah. Allah menciptakan mata ini dan setiap detilnya tanpa contoh sama sekali. Hal ini terungkap dalam ayat – ayat bahwa Allah adalah pencipta semuanya.

“Allah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian lagi berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu,” (QS. An–Nuur: 45)

Penglihatan Kucing Sangat Kuat Di Malam Hari

Kucing dapat dengan mudah membedakan warna hijau, biru dan merah. Walaupun begitu, kelebihan sebenarnya dari mata kucing adalah agar dapat melihat di malam hari. Kelopak mata kucing terbuka di malam hari, ketika terkena sedikit cahaya, lapisan mata yang disebut iris membuat pupil mata membesar ( hamper 90% mata ) sehingga mereka lebih mudah melihat cahaya.

Ada sebuah lapisan yang tidak terdapat pada mata manusia. Lapisan ini disebut Kristal tapetum lucidum yang dapat memantulkan cahaya. Berkat lapisan inilah pengelihatan kucing di malam hari begitu sangat kuat. Lapisan ini juga lah yang menyebabkan kenapa mata kucing bersinar di malam hari.

Alasan lain kenapa kucing bisa melihat dalam gelap juga karena adanya sel – sel batang yang lebih banyak di bandingkang sel–sel kerucut di retina mereka. Berkat sel – sel batang ini, kucing dapat berburu dengan mudah di malam hari.

Struktur Mata Kucing Berbeda Dengan Manusia

Pada mata kucing, terdapat membran ketiga yang disebut “nictitating  membrane”. Membran ini transparan, dan bergerak dari satu bagian mata ke bagian yang lainnya. Sebagai contoh, kucing dapat mengedipkan mata mereka tanpa harus menutup semuanya. Membran ketiga ini memungkinkan mata kucing terlindungi ketika berburu. Selain itu, benda–benda lain seperti debu tidak mengenai mata mereka, sehingga mata mereka tetap bersih dan lembab; sehingga kucing tidak perlu sering mengedipkan matanya seperti manusia. Jika kucing mengedipkan mata mereka sepanjang waktu seperti manusia agar matanya tetap bersih dan lembab, hal ini akan menimbulkan kesulitan bagi mereka di saat berburu. Tidak mengedipkan mata merupakan salah satu kesempurnaan ciptaan Allah untuk makhluk ini.

sumber :

http://www.islampos.com/kucing-hewan-unik-dengan-kemampuan-pengelihatan-luar-biasa-12393/

SKI PGSD/PGPAUD UNS

SKI PGSD/PG PAUD merupakan sebuah organisasi tingkat wilayah yang bergerak dalam kegiatan keislaman. Bertempat di kampus IV Kleco, Surakarta. Memiliki pertanggungjawaban kepada SKI FKIP yang bertempat di Kampus Pusat Kentingan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com