[Cerpen] HIDAYAH MENYAPA

Oleh : Husnul Mar’ati (Juara 1 Lomba Cerpen M2B)

“Kenapa?” hanya itu yang mampu diucapkan gadis itu. Susah payah menahan butiran bening yang hendak jatuh, sembari menatap lelaki di hadapannya. Perih, setelah tiga tahun dilalui bersama.

Lelaki itu menunduk, tak tega melihat sang gadis menangis. Dengan suara serak dia menjawab, “Karena aku ingin kita fokus dengan studi kita Res. Kita sudah semester 6. Apakah kita masih tetap akan membuang-buang waktu dengan nonton film, jalan-jalan, dan mengabaikan tugas kita? Tugas kita semakin berat, Res. Sudah bukan waktunya kita berpikir kekanak-kanakan. Bukankah kau ingin lulus dengan nilai cumlaude?”, lelaki itu mencoba meyakinkan gadisnya.

Air mata sang gadis yang sedari tadi tertahan, akhirnya luruh satu persatu. “Apakah hanya itu alasanmu?”. Lelaki itu terdiam. Sebenarnya, bukan hanya alasan itu yang membuatnya memutuskan. “Kamu sudah berubah, Ndra”, gadis itu berbisik. Sambil menguatkan hatinya, gadis itu melanjutkan, “Entah apa alasanmu sebenarnya, tapi kamu sudah menyakitiku dengan keputusanmu. Baiklah, jika ini yang kau inginkan. Terima kasih telah menemaniku selama ini. Selamat tinggal”, gadis itu berbalik dan berlari meninggalkan lelaki yang termangu dengan keputusannya sendiri.

***

Ressania Ananda Putri. Nama itu yang selama ini didengungkan hatinya. Gadis itulah yang membuat hari-harinya dipenuhi bunga-bunga. Gadis yang membuatnya merasa menjadi orang paling beruntung sedunia. Bagaimana tidak, untuk mendapatkan gadis pujaannya itu, dia harus bersaing dengan beberapa pria. Tak hanya rupawan, namun juga baik hati serta bersuara emas yang membuat hatinya tertawan. Tiga tahun belajar bersama. Bukan perkara mudah melupakan kenangan yang ada. Bukan tanpa alasan lelaki yang biasa dipanggil Narendra itu mengambil keputusan. Sejak dekat dengan kawan-kawan aktivis dakwah kampus, Narendra memikirkan kembali kisah cintanya.

***

Sejak itu, Ressa selalu menghindar jika berpapasan dengannya. Ingin dia menyapa, namun selalu tertahan dan tak pernah keluar dari lisannya. Dia maklum, Ressa butuh waktu untuk menata kembali hatinya. Narendra hanya tersenyum getir, karena sapa yang tak lagi ada.

Memang bukan hal mudah, mengosongkan hati yang sebelumnya telah terisi. Hati yang meronta, harus berkali-kali dia tikam sendiri. Tertawa dan menjalani hari seperti biasa, padahal hati porak poranda. Namun, Narendra tak pernah menyesal dengan keputusan yang telah dia buat. Satu hal yang membuat Narendra tetap bertahan adalah janji dari Tuhannya.

***

“Eh, Ndra. Sudah tahu?”, tiba-tiba Dito sudah duduk di dekat Narendra.

“Apa? Jangan ganggu, sono gih jauh-jauh. Lagi ngerjain statistika nih!”, Narendra kesal karena Dito membuyarkan konsentrasinya.

“Duile, galak amat. Beneran nih nggak mau tahu?”, Dito masih menggoda.

“Apa?”, Narendra menjawab acuh sambil tetap memperhatikan layar laptopnya.

“Ressa jadian sama Rendi”, Dito menjawab dengan hati-hati.

Deg! Narendra terkejut dengan berita yang dia dengar. Secepat itukah hatinya berpaling? Narendra membatin.

“Kamu nggak papa kan?”, Dito khawatir melihat reaksi Narendra yang hanya terdiam.

Narendra tersadar, dengan tenang dia menjawab, “Oh, itu. Hak dia dong mau jadian sama siapa”. Setelah berkata demikian, tanpa sengaja kacamata Narendra terjatuh. Narendra memungutnya, membersihkan kacanya, dan memakainya kembali. Tiba-tiba, seseorang yang  mereka bicarakan datang dari arah yang berhadapan. Menggandeng dan tertawa mesra dengan kekasihnya. Sekilas, Narendra bersitatap dengan “mantan”nya. Aku sungguh berharap suatu hari nanti hidayah Allah datang menyapamu Res. Membimbingmu ke jalan kebaikan, yang membuatmu menyadari bahwa cinta Allah sangat indah untuk dirasakan, Narendra membatin sambil menatap langkah Ressa yang bergerak menjauh.  ~End~

SKI PGSD/PGPAUD UNS

SKI PGSD/PG PAUD merupakan sebuah organisasi tingkat wilayah yang bergerak dalam kegiatan keislaman. Bertempat di kampus IV Kleco, Surakarta. Memiliki pertanggungjawaban kepada SKI FKIP yang bertempat di Kampus Pusat Kentingan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com